Saturday 6 June 2009

Indonesia mungkin butuh ' Robin Hood' (bag 1)

BLOGNYA ADVENT- Wawancara imajiner dengan ROBIN HOOD


Siang itu sesuai janji yg telah disepakati,kami makan disebuah warung makan lesehan.Menu tradisionil seperti lalap dan tempe penyet menjadi santapan kami di siang yang terik...
Saya (Sy) : Gimana Robin ,boleh saya panggil Robin aja ya, ...
Robinhood(RH):Gak pa-pa panggil aja Robin,asal jangan Ruben Onsu ..nanti kesannya saya lebay ,hahaha
(Sy):Kayaknya anda sudah tau betul ttg Indonesia,bisa diceritain?
(Rh): Ya sebelum wawancara kan saya udah mempelajari semua ttg Indonesia,mulai dari kebiasaan masyarakat,politik,ekonomi..pokoknya semua ,bahkan saya sempat maen fesbuk ama temen temen di sini.malu dong kalau dibilang saya ketinggalan jaman...
(Sy) : jadi sebenarnya prinsip hidup anda apa sih?
(Rh): prinsip saya ya berjuang untuk kemakmuran rakyat,karena tanpa bantuan rakyat tak mungkin saya jadi pemimpin,bayangin saja kalau rakyat tidak mau saya pimpin,saya jadi mimpin siapa?
(Sy) : wah masuk keranah politik ya?
(Rh): gak pa-pa kan bukankah hidup itu juga termasuk politik,bagaimana kita memanajemen diri kita agar bisa berguna bagi orang lain..dalam bahasa sederhana saja ..bagaimana kita cari hutang pada tetangga kita,kalau pas kebetulan kantong kosong,dan ada kebutuhan mendadak,gimana caranya kita dapat pinjaman,gimana kita ngomong sama tetangga kita spy terpengaruh dan mau minjeminn kita duit..bukannya itu juga politik?

(Sy): lalu bagaimana anda dulu berpolitik,sehingga rakyat begitu setia dan mendukung anda?
(Rh): perjuangkan kebutuhan rakyat dan konsisten terhadap perjuangan kita.
(Sy): bisakah itu diterapkan di Indonesia ini?
(Rh): why not? Rakyat indonesia sebenarnya gampang diatur ,asal sebagai pemimpin kita bisa beri contoh yang baik..
(Sy): bisa lebih jelas...
(Rh) :contohnya saya,saya dulunya adalah bangsawan,tetapi ketika melihat ketidakadilan pada rakyat kecil saya akhirnya memutuskan untuk berjuang bersama rakyat, hidup ,makan dan ada disekeliling mereka setiap saat,saya kasih contoh yang baik dan saya terus konsisten..
(Sy):kalau dibandingkan dg Indonesia gimana?
(Rh): saya pikir semua pemimpin disini baik...
(Sy):konteks nya dalam pemilu kali ini?
(Rh): yah dalam masa kampanye ini sih ,semua kelihatan baiknya,tapi bisa g mereka konsisten antara ucapan dan tindakannya.. Kalau mereka bilang berjuang untuk rakyat,tanya dulu rakyat yg mana?saudara saudara,penyumbang dana,pengusaha yg dekat dg mereka dlm masa kampanye mereka saat ini bukankah termasuk rakyat indonesia juga?ingat dalam politik itu kata kata bisa bersayap...
(Sy):jadi baiknya gmn?
(Rh):tanya yg jelas rakyat itu rakyat yg mana?itulah sebenarnya kesalahan yg selalu di ulang oleh masyarakat Indonesia.Ketika calon pemimpin berkampanye bilang 'saya akan memperjuangkan kepentingan rakyat' udah percaya begitu saja,pulang dg hati senang seolah olah harapan mereka bisa terwujud bila calon pemimpinnya terpilih.
(Sy): apa pandangan anda tentang neolib dan ekonomi kerakyatan?
(Rh): hahaha
Yang penting bukannya itu ..
(Sy): so .what ?
(Rh): yang penting itu adalah pelaksananya,orang orang yang terlibat didalam pemerintahan itu sendiri,birokrat dari pusat sampe daerah .Apakah mereka bersih ,jujur dan tidak korup?misalnya saja mau pake ekonomi kerakyatan,mandiri dg mengutamakan usaha usaha kecil..itu semua baik,cuma masalahnya siap nggak masyarakatnya,siap modal ,dan yang terpenting birokrasinya sudah bersih belum?bisa bisa nanti malah terjadi monopoli!kalau sudah begitu yang diuntungkan siapa ?ya cuma segelintir orang yang punya modal besar dan akses pada kekuasaan.
(Sy):bisa kasih penjelasan yg lebih sederhana ?
(Rh): okelah kl mau mengembangkan industri industri kecil,terus modal nya dari mana,?
Dalam hukum dagang siapa yang punya modal kuat ,itulah yang akan menguasai pasar,sementara di indonesia sendiri hanya segelintir orang yang punya modal kuat di tambah lagi akses kekuasaan ..
(Sy):jadi untuk kondisi sekarang liberalisme tetap yang terbaik?
(Rh): jangan salah!saya tidak mengatakan dmkian ,yg saya katakan intinya adalah bersihkan dulu negara ini dari borok borok korupsi..kalau tubuh anda penuh borok ,mau pakai pakaian sebagus apapun ,tetap akan kelihatan menjijikan.
(Sy): jadi yang utama masalah borok borok kurupsi ya
(Rh): betul sekali,dan itu seharusnya dimulai dari pemimpin tertinggi,gak bisalah nyapu lantai kotor dg sapu yg kotor pula
(Sy):kalau masalah penahanan ketua Kpk anda melihatnya gimana?
(Rh): ya kalau memang tidak bersalah ,harus segera dibebaskan dan di rehabilitasi nama baiknya,agar dapat bekerja kembali.Kalau memang dikatakan ada konspirasi tingkat tinggi ,ya buktikan ,beberkan semua dg jelas agar masyarakat tahu yg sebenarnya..
(Sy): jangan jangan nanti bisa terjadi kerusuhan sosial
(Rh):kalau memang untuk kebaikan semua bangsa ,why not?untuk sebuah perubahan yang lebih baik,memang harus ada ongkos yang harus dibayarkan,daripada tambal sulam ,mending sekalian saja dibongkar,untuk jangka panjang lebih baik..
(Sy): dalam sejarahnya anda kan dijuluki'prince of thief',bisa g prinsip itu di pakai sekarang?
(Rh):hahahaha anda kan sebenarnya mau bilang raja maling ..gitu kan? (Sy):hahahaha..tau aja ..
(Rh): itulah yg saya suka dari Indonesia..suka mainin kata kata..orang di phk dibilang dirumahkan,pelacur dibilang tuna susila,jangan+jangan korupsi dibilang gemar menabung uang orang lain.,
Ngomong ngomong ,bisa tambah lagi makannya gak?saya belum kenyang nih..
(Sy):bilang aja kemaruk ...
(Rh):hahahaha

Bersambung

No comments:

Share/Save/Bookmark