Thursday 13 August 2009

Kemerdekaan Sejati


Kemerdekaan Sejati hadir dari keberanian mengikuti kata hati-BLOGNYA ADVENT.
Sebuah kalimat yang terpampang disebuah spanduk dari salah satu perusahaan rokok.Spanduk berwarna dasar merah dan putih ini akan segera mengingatkan kita ,bahwa sebentar lagi ,kita sebagai bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-64,tanggal 17 Agustus ini.
Ada hal menarik yang bisa kita renungkan bila membaca tulisan diatas.Merdeka dan Kata Hati.
Merdeka didalam Wikipedia berarti saat dimana seseorang mendapatkan hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung sama orang lain.Sinonimnya adalah kebebasan.
Kata hati,hati nurani,memang sulit untuk menjelaskan secara teori,bahkan di Wikipedia,kata hati atau hati nurani belum tersedia penjelasannya.Mungkin gambaran yang paling tepat suara hati atau kata hati adalah ' sesuatu yang terdengar seperti bisikan lembut yang hanya bisa dimengerti oleh orang tersebut'
Contoh yang paling gampang adalah pada saat kita mengambil barang yang bukan punya kita,pasti dalam hati kecil kita ada yg mengatakan 'jangan' atau ketika di jalan kita melihat anak kecil meminta-minta,pertama kali yg terdengar oleh kita mungkin kata 'kasihan'.
Suara ini akan berbeda di tiap individu,bagi orang yang terbiasa melatihnya ia akan terbiasa ,dan begitu juga sebaliknya.
Kembali ke soal kemerdekaan tadi ,bisakah kita dikatakan merdeka atau bebas apabila kita masih dipusingkan oleh untung-rugi tindakan yang akan kita lakukan? Ketika misalnya tetangga disebelah rumah kita meminjam uang untuk berobat,kita masih berpikir' ah,jangan jangan nanti tidak dikembalikan ,atau sebenarnya aku kasihan tapi ,minggu depan aku harus bayar ini itu....' Itukah kata hati? Bukan ,itu adalah hasil pikiran pikiran kita ,yang keluar dari perhitungan untung rugi.Orang jaman sekarang lebih senang menggunakan pikiran-pikiran yang ada diotaknya,karena dengan demikian ia dikatakan manusia rasional.Salahkan?Tentu saja tidak.Tuhan saja menciptakan manusia dengan otak untuk berpikir,maka seharusnya kita juga bisa memaksimalkan fungsi otak kita.Tapi jangan lupa Tuhan menciptakan juga manusia dg hati,yang sejatinya merupakan fungsi kontrol,terhadap tindakan kita,maka kita juga harus bisa memaksimalkan nya.
Ketika kita bisa bertindak dan berperilaku sesuai kata hati kita masing masing ,maka kita akan dikatakan orang yang benar-benar merdeka.
Selamat mencoba dan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-64.MERDEKA

No comments:

Share/Save/Bookmark