Thursday 20 August 2009

DUGDER DI SEMARANG

DUGDER DI SEMARANG-BLOGNYA ADVENT.
Bagi warga Semarang,ada tradisi yang dilakukan menjelang bulan Puasa,yaitu 'Dugder'. Dugder merupakan suatu festival atau perayaan untuk menandai dimulainya ibadah puasa di bulan Ramadhan.
Perayaan ini menurut sejarahnya dimulai tahun 1891.Bupati Semarang,RMTA Purbaningrat ,mengadakan upacara sebagai tanda dimulainya ibadah puasa untuk warga Semarang.Upacara ini dimulai sore hari.Ki Lurah sebagai ketua upacara keluar dengan diiringi pengawal,dan berhenti di samping meriam.Setelah berpidato,bedug dipukul satu kali,dan dua meriam di bunyikan tiga kali.Dengan terdengarnya bunyi bedug dan meriam, warga Semarang dan sekitarnya mengetahui,bahwa permulaan puasa Ramadhan adalah keesokan harinya.Jadi nama 'Dugder' merupakan onomatope dari suara bedug- dug,dug,dug-dan suara merian -duer-.
Salah satu yang unik pada acara Dugder adalah 'Warak Ngendhog' yaitu mainan khas yang dapat dijumpai setiap acara Dugder.Bentuk dari mainan ini adalah tubuhnya seperti kambing,tetapi kepala mirip naga.Menurut beberapa budayawan,hewan ini merupakan perpaduan antara binatang naga,dan Buroq dari Arab.Dengan kata lain Warak Ngendhog adalah simbol persatuan dari berbagai golongan etnis di Semarang.

No comments:

Share/Save/Bookmark